Olahraga

Pemprov Jambi Kemungkinan Akan Hapus Anggaran Kontingen ke PON Papua

KATAFAKTA, JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi bakal kehilangan pemasukan sekitar Rp 660 milyar sebagai dampak wabah Corona. Penyebabnya, sejumlah sumber pendapatan dihapus atau dikurangi. Dana Alokasi Umum (DAU) jatah Pemprov Jambi juga dipotong Rp 345 milyar. Begitu juga dengan dana bagi hasil pajak, insentif daerah.

Karena ada pengurangan pemasukan, Pemerintah Provinsi Jambi bakal memangkas anggaran belanja. Sejumlah pos dengan anggaran besar telah ‘’dilirik’’ untuk dihapus dari APBD Provinsi Jambi 2020, salah satunya anggaran pemberangkatan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

‘’Ada yang mengusulkan agar anggaran PON Papua dihapus. Dananya cukup besar, sekitar Rp 38 milyar,’’ ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman kepada KataFakta, Selasa (7/4/2020).

Dari penelusuran KataFakta, anggaran pemberangkatan kontingen ke PON Papua berada di DPA Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dikepora) Provinsi Jambi.

Anggaran tersebut dipergunakan untuk memberangkatkan kontingen PON sebesar Rp 31 milyar dan pemberangkatan kontingen atlet difabel ke Pekan Paralympic Nasional (Peparpnas) yang merupakan paket PON.

Anggaran ini kemungkinan dihapus dikarenakan juga belum ada kejelasan apakah PON dan Peparnas akan dilaksanakan tahun ini juga. (***)

Willy Azan

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close