Pemerintahan

8 Tahun Berturut-turut Pemprov Jambi Raih Opini WTP dari BPK

KATAFAKTA, JAMBI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi kembali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI untuk tahun 2020 atas pemeriksaan laporan keuangan daerah Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2019. Sebelumnya, Pemprov Jambi juga mendapat Opini WTP selama 7 tahun berturut-turut.

Gubernur Jambi Fachrori Umar menerima Opini WTP dari BPK dalam Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019, yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Provinsi Jambi, Selasa sore, 30 Juni 2020.

“Semoga apa yang telah kita kerjakan ini memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan Provinsi Jambi, alhamdulillah, kita menerima Opini WTP dari BPK atas pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2019 dan ini merupakan yang kedelapan kalinya kita menerima Opini WTP,” ungkap Fachrori.

Fachrori mengaku pelaksanaan pembangunan sepanjang Tahun 2019 telah dilaksanakan semaksimal mungkin, meskipun tidak seluruhnya dapat terlaksana sesuai  jadwal dan target yang telah ditetapkan.

“Walaupun dari sisi nominal serapan anggaran tidak optimal, namun capaian beberapa indikator makro daerah pada Tahun 2019 cukup baik, terutama terkait upaya penurunan kemiskinan dan pengangguran,” kata Fachrori.

Fachrori mengingatkan semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi dan seluruh jajarannya untuk tidak berpuas diri dengan Opini WTP, namun harus dimaknai sebagai motivasi terus-menerus meningkatkan kinerja dan laporan keuangan.

“Kita wajib menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang berkualitas dan akuntabel yang turut mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik dan kredibel,” tegas Fachrori. ***

Muhamad Usman

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close