Peristiwa

Polisi Tanjabbar Bagikan Sembako dan Sosialisasikan New Normal di Desa Terpencil

KATAFAKTA, JAMBI - Dalam menyambut HUT Bhayangkara ke- 74 yang jatuh pada 1 Juli nanti, sejumlah polisi dari Polres Tanjung Jabung Barat, Jambi melakukan kegiatan yang berbeda. Mereka merayakan HUT Bhayangkara dengan mendatangi sejumlah desa terpencil sambil memberikan paket sembako.

Kegiatan yang diberi nama Program Polisi Sambang Desa (PPSD) itu dilakukan para polisi di enam desa di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Tidak hanya memberikan paket sembako saja, kegiatan yang dilakukan sejumlah polisi di Jambi tersebut juga sebagai bentuk cara polisi dalam menyapa masyarakat di daerah terisolir sambil mengetahui keluh kesah mereka.

“PPSD ini sebagai bentuk cara polisi dalam memperingati HUT Bhayangkara Ke- 74. Ada 6 desa yang kita sambangi saat itu semua desa yang terisolir, yakni Desa Bunga Tanjung, Mandala Jaya, Desa Teluk Kulbi, Desa Sri Menanti, Desa Sungai Terap, dan Desa Makmur Jaya. Di desa-desa itu kita mencoba bermalaman di sana sambil merasakan, mengetahui dan melihat secara langsung keseharian kehidupan masyarakat di pedesaan,” kata Kapolres Tanjung Jabung Barat Jambi, AKBP Guntur Saputro, Senin, 29 Juni 2020.

Selama bermalaman di desa. Polisi-polisi itu juga mencoba memberikan pemahaman kepada warga atas tugas Polri yang selalu mementingkan kepentingan masyarakat dan mengayomi masyarakatnya. Selain itu, kegiatan PPSD itu juga dianggap dapat membantu warga dalam menyalurkan sembako.

“Di enam desa yang kita datangi itu kita mencoba berbaur dengan aktivitas warga disana. Mulai mengikuti tempat mereka berladang, lalu berkumpul dan melaksanakan tugas ronda malam, dan salat berjamaah bersama, dan kemudian kita kumpulkan warga di desa-desa tempat kita kunjungi itu sambil memberikan sedikit edukasi tentang tugas Polri lalu kemudian kita serahkan paket sembako ke mereka-mereka,” ujar Guntur.

Selain memberikan sembako dan memberikan sosialisasi atas tugas Polri, pada PPSD ini juga sekaligus memberikan pengetahuan kepada warga di pedesaan tentang tatanan kehidupan baru atau New Normal dalam masa pandemi virus Corona. Mereka juga diharapkan agar mengikuti aturan kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

“Sejauh inikan yang selalu mendengarkan keluh kesah dan yang kerap berbaur kepada warga dipedesaan itu kan Babinsa dan petugas Bhabinkamtibmas saja. Kini sebagian petugas polisi di Tanjung Jabung Barat ini kita libatkan juga agar penyampaian yang akan kita sampaikan berupa sosialisasi tentang New Normal, lalu kebijakan pemerintah dalam atas pandemi Corona serta menyalurkan bantuan sembako dan menyampaikan tugas-tugas polisi tersampaikan,” jelas Guntur.

Iapun berharap di HUT Bhayangkara Ke-74 ini dengan dilakukannya program polisi sambang desa (PPSD) ini dapat menjadikan kedekatan yang sangat begitu baik antara masyarakat dan Polri. Serta terus terwujudnya tugas Polri yang dapat berkomunikasi dan menginformasikan kepada masyarakat tentang pelaksanaan tugas kepolisian dalam menegakan hukum dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. ***

Ferdi Almunanda

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close