Daerah

Pesta Demokrasi Di Kampus IAI.N Batang Hari

Batang Hari. KataFakta.id

Pemilihan Umum Mahasiswa (PEMUMA) Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari Tahun 2024 telah usai digelar dengan sukses. Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPU-M), Prisal Herpani, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada seluruh mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi kampus tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme dan partisipasi aktif seluruh mahasiswa dalam PEMUMA kali ini. Tingginya angka partisipasi pemilih menunjukkan kesadaran politik yang baik di kalangan mahasiswa IAI Nusantara Batang Hari,” ujar Prisal ketika diwawancarai pasca Penetapan Calon terpilih. Selasa, (09/07/2024).

Prisal mengatakan, Tahapan PEMUMA kali ini diikuti oleh beberapa kandidat yang memperebutkan posisi di Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) dari berbagai fakultas.

“Untuk posisi DEMA, terdapat dua pasangan calon yang berkompetisi, yaitu pasangan nomor urut 01 Dzil Ilman Azra (calon ketua) dan Miftah Arbian Firhan Dani (calon wakil ketua), serta pasangan nomor urut 02 Riski Firmansah (calon ketua) dan M. Zidhane Saputra (calon wakil ketua),” paparnya.

“Untuk SEMA sendiri, itu ada SEMA perwakilan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) dengan Nomor urut 01. M Khotil Abyan, Nomor urut 02 yaitu Saudara Sudirman. Sementara untuk SEMA perwakilan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) hanya ada satu pasang yaitu Saudara Rido, namun hanya saja satu perwakilan SEMA Fakultas Syariah (FASYAH) yang tidak ada mencalonkan dir,” sambungnya.

Prisal juga mengemukakan, setelah proses penghitungan suara yang transparan dan dapat disaksikan oleh para saksi dari masing-masing kandidat, KPU-M mengumumkan bahwa pasangan Dzil Ilman Azra dan Miftah Arbian Firhan Dani terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua DEMA periode mendatang.

“Kami mengucapkan selamat kepada Saudara Dzil Ilman Azra dan Miftah Arbian Firhan Dani yang telah terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua DEMA. Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik dan membawa kemajuan bagi mahasiswa IAI Nusantara Batang Hari,” ungkapnya.

“Tak lupa juga selama buat SEMA perwakilan FPIK dan FEBI terpilih, yaitu saudara M Khotil Abyan perwakilan SEMA FPIK, Rido perwakilan FEBI. Nah untuk Perwakilan FASYAH sendiri hal ini akan saya diskusikan kembali dengan Bapak Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan,” tambah nya.

Sebagai Ketua KPU-M yang swmpat menjabat Dua Periode perturut-turut, yakni Ketua KPU-M 2023 dan 2014, Prisal yang kerap di panggil Ncik tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh kandidat yang telah berkompetisi dengan sportif.

“Terima kasih kepada semua kandidat yang telah berpartisipasi dalam Demokrasi PEMUMA ini. Semangat berkompetisi yang ditunjukkan oleh para kandidat patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi pelaksanaan demokrasi yang sehat,” pungkasnya.

Prisal menambahkan bahwa proses PEMUMA kali ini berjalan dengan lancar dan damai, tanpa ada insiden yang mengganggu jalannya pemilihan. Hal ini menunjukkan kedewasaan berpolitik di kalangan mahasiswa IAI Nusantara Batang Hari.

“Kami berharap semangat demokrasi yang telah ditunjukkan dalam Pemira ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Mari kita bersama-sama mendukung kepemimpinan baru DEMA dan SEMA untuk memajukan kampus kita tercinta,” tutup Prisal.

Dengan berakhirnya PEMUMA ini, diharapkan seluruh elemen kampus dapat bersatu dan bekerja sama untuk membangun IAI Nusantara Batang Hari menjadi institusi pendidikan yang semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi hingga menuju Universitas Islam di Batang Hari.

Berikut Hasil Rekapitulasi akhir PEMUMA IAI Nusantara Batang Hari Tahun 2024:
DEMA
NO Urut 01: total suara 302
No urut 02: total suara 135
Golput: 20

SEMA FPIK
No Urut 01: total suara 188
No Urut 02: total suara80
Golput 15

SEMA FEBI
No Urut 01: total suara 87
Golput 4
(415)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button