DaerahNasionalPemerintahan

Ayo, Kuliah S1 di IAI Tebo Bisa Selesai Paling Lama 2 Tahun, Bisa Untuk Guru dan Perangkat Desa, Begini Penjelasannya

KATA FAKTA.id – Kabar gembira disampaikan Institut Agama Islam (IAI) Tebo, yakni bagi mahasiswa yang telah memiliki pengalaman kerja bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu paling lama dua tahun untuk gelar strata satu (S1).

“Hal disampaikan langsung oleh Dr Nurhuda, S.Pd., M.Pd usai dilantik sebagai Rektor IAI Tebo, pada Sabtu, 03 Agustus 2024 kemarin.Dikatakannya, IAI Tebo tengah menjalani program Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) atau program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

jelas Rektor, pada program ini mahasiswa baru yang memiliki pengalaman kerja bisa cepat meraih gelar sarjana (S1), dan itu bisa dicapai dalam rentang waktu paling lama dua tahun.

Caranya, kata Dr Nurhuda, mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja atau sedang bekerja, akan dikonversikan (pengakuan) dalam SKS atau mata kuliah.

“Misalnya, ada kawan-kawan yang sudah mengajar sekian tahun dan memiliki sertifikasi, mau melanjutkan pendidikan, tentu mereka tidak perlu lagi mengontrak mata kuliah Pancasila, kewiraan, agama dan lainnya, karena mereka tiap hari sudah mengajar, tentunya sudah paham. Tinggal lagi mata kuliah apa yang belum yang mereka jalani,” kata Dr Nurhuda.

“Atau ada kawan-kawan perangkat desa yang ingin kuliah di Hukum Tatanegara atau Ilmu Kepemerintahan, tentu mereka sudah berpengalaman karena berkecimpung di bidangnya. Tinggal yang belum saja yang mereka ambil. Begitu juga dengan kawan-kawan kita yang dari angkatan,” kata dia lagi.

Jadi, lanjut Dr Nurhuda, program RPL ini bisa diikuti oleh guru, perangkat desa, maupun anggota TNI dan Polri, atau para pekerja lainnya yang memiliki pengalaman di bidangnya.

“Ini untuk mendorong para pekerja, pengusaha, guru, perangkat desa, TNI maupun Polri yang belum sarjana S1 untuk segera mendaftar program RPL IAI Tebo. Ini adalah cara cepat untuk meraih gelar sarjana. S1 bisa ditempuh paling lama 2 tahun,” ucap dia.

Program ini, kata Dr Nurhuda, sudah dimulai tahun 2024 ini. “Ya bagi guru, perangkat desa maupun TNI Polri yang ingin melanjutkan pendidikan S1, silahkan daftar di IAI Tebo melalui program RPL. Program ini sudah kita mulai tahun ini,” pungkasnya.

Editor:R

Show More

Related Articles

Back to top button