Nasional

Sedikitnya 21 Anggota ISIS Tewas Atas 130 Serangan Dari Rusia

Harapanpublik.com – Rusia – Negara di daerah kutub dilaporkan melancarkan serentetan serangan udara di sebuah gurun di Suriah dan menewaskan sedikitnya 21 anggota ISIS. Laporan tersebut disampaikan oleh kelompok pemantau hak asasi manusia (HAM) Syrian Observatory for Human Rights sebagaimana dilansir dari AFP, Sabtu (20/2/2021).

Kelompok tersebut menambahkan, Rusia melancarkan setidaknya 130 serangan udara selama 24 jam terakhir.

Serangan tersebut menyasar guru di tepi provinsi Aleppo, Hama, dan Raqqa. Serangan itu berlanjut hingga Sabtu. Pada Jumat (19/2/2021) ISIS melancarkan serangan terhadap pemerintah dan pasukan sekutu. Sedikitnya, delapan anggota milisi pro- suriah tewas akibat serangan itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, gurun yang dikenal sebagai Badia tersebut telah menjadi tempat pertempuran yang semakin sering.

Baca juga: Israel Lancarkan Serangan Rudal ke Suriah, Ditangkis Sistem Pertahanan Udara Bentrokan-bentirkan itu terjadi antara anggota ISIS melawan pasukan Suriah yang didukung oleh kekuatan udara Rusia. ISIS memplokamirkan berdirinya sebuah “negara” dengan menduduki sebagian wilayah Suriah dan Irak pada 2014.

Namun, kelompok tersebut segera digempur oleh pasukan koalisi dari berbagai negara secara terus menerus. Baca juga: Pasukan AS Bantah Lindungi Ladang Minyak di Suriah Perlahan, wilayah kekuasaannya semakin menyempit dan posisi ISIS semakin terpojok.

Hingga akhirnya, ISIS dinyatakan kalah pada 2017 dan wilayah teritorialnya benar-benar habis pada awal 2019. Kendati demikian, ISIS masih memiliki sel-sel aktif dan anggotanya masih melancarkan serangan sporadis. Baca juga: Kisah Pengungsi Suriah Jadi Caleg di Pemilu Jerman 2021 Di Suriah, anggota ISIS biasanya melancarkan serangan di gurun Badia, gurun yang yang membentang dari provinsi tengah Homs hingga perbatasan dengan Irak.

Lebih dari 1.300 tentara pemerintah telah tewas akibat beberapa bentrokan dengan ISIS. Selain itu, 145 anggota milisi pro-Iran dan lebih dari 750 anggota ISIS juga tewas, menurut Syrian Observatory for Human Rights. Sejak perang saudara Suriah meletus pada 2011, lebih dari 387.000 orang telah terbunuh dan jutaan orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka

penulis: Kompas.com

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button