Daerah

IAI.N Batang Hari Adakan Acara Inspiratif

Muara Bulian. KataFakta.id

Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari kembali menghadirkan acara yang memukau dan inspiratif. Sabtu 07 Juli tahun 2024 ini, mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester 4 dan 6 berkolaborasi mengadakan Fashion Show dan Bazar UMKM yang menampilkan kreativitas dan semangat kewirausahaan mereka.

Acara yang digelar di depan kampus IAI Nusantara Batang Hari ini merupakan hasil kolaborasi antara mata kuliah Seni Rupa dan Edupreneurship. Kegiatan ini tidak hanya menunjukkan bakat seni mahasiswa, tetapi juga kemampuan mereka dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dini Kausari, S.Pd., M.Pd., dosen pembimbing Seni Rupa yang mengampu kelas 6 PIAUD A dan 6 PIAUD B, menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengasah kreativitas mahasiswa dalam bidang seni rupa sekaligus memberikan pengalaman praktis dalam mengorganisir sebuah acara. “Melalui fashion show ini, mahasiswa dapat mengekspresikan ide-ide artistik mereka dan menerapkannya dalam bentuk desain busana yang unik,” ujarnya.

Sementara itu, mata kuliah Edupreneurship yang diampu oleh Syifah Fajria, S.Pd., M.Pd. untuk kelas 4 PIAUD A, serta Nurmalinda Zari, S.Pd., M.Pd. untuk kelas 4 PIAUD B dan 4 PIAUD C, memberikan landasan penting dalam aspek kewirausahaan. Para mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan produk-produk UMKM yang inovatif dan bernilai jual.

Fashion show yang digelar menampilkan berbagai koleksi busana hasil karya mahasiswa yang terinspirasi dari kekayaan budaya lokal dan tren fashion terkini. Para model yang mayoritas adalah mahasiswa PIAUD sendiri, berjalan dengan percaya diri di atas catwalk, memamerkan kreasi-kreasi memukau yang mendapat apresiasi meriah dari penonton.

Bazar UMKM yang menyertai fashion show juga tidak kalah menarik. Stand-stand yang diisi oleh mahasiswa PIAUD menawarkan beragam produk kreatif, mulai dari kerajinan tangan, makanan dan minuman khas daerah, hingga produk-produk fashion dan aksesoris. Pengunjung yang hadir tak hanya dari kalangan kampus, tetapi juga masyarakat umum yang antusias mendukung kreativitas mahasiswa.

Dr. Ansori.S.Pd.I.M.Pd.I ,.Rektor IAI Nusantara Batang Hari memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif dan kerja keras mahasiswa serta dosen pembimbing. “Acara ini membuktikan bahwa mahasiswa kita tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki jiwa wirausaha dan kreativitas yang tinggi. Ini sejalan dengan visi kampus untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di era global,” tuturnya.

Novi Susanti S. Pd.M.Pd.selaku Ketua Program Studi PIAUD, menyatakan bahwa kegiatan Kolaborasi antara Seni Rupa dan Edupreneurship ini dinilai sebagai langkah tepat dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. Dengan memadukan aspek seni dan kewirausahaan, mahasiswa PIAUD IAI Nusantara Batang Hari diharapkan dapat menjadi pendidik yang kreatif sekaligus mampu menciptakan peluang usaha di bidang pendidikan anak usia dini ujarnya. l

Kesuksesan acara ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan tinggi dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri kreatif.
(415)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button